SEJARAH DAN INFORMASI TEKNOLOGI
KONSEP DASAR BISNIS INFORMATIKA DIBIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
Pengertian Bisnis
04PENGERTIAN BISNIS
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6) yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan pemerintahan, dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media
JENIS BISNIS INFORMATIKA E-COMMERCE (Tokopedia, Shopee, OLX)
Jenis bisnis informatika yang saya pilih yaitu E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transimisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Pada bisnis informatika ini saya memilih Tokopedia, Shopee, OLX merupakan salah satu situs belanja online pada perusahaan Tokopedia, Shopee, OLX dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sehingga menjadikan Tokopedia, Shopee, OLX sebuah website. Seperti pada website-website jual beli online lainnya, Tokopedia dan Shopee menyediakan berbagai jenis kategori diantaranya adalah fashion wanita, fashion pria, fashion anak-anak, tas & koper, peralatan rumah tangga, kesehatan & kecantikan, dan jam tangan & perhiasan, tetapi untuk OLX, wibsite ini beda dari Tokopedia dan Shopee, kenapa? Karena OLX hanya menjual barang bekas Kendaraan saja. Untuk Tokopedia dan Shopee setiap kategori didalamnya terdapat berbagai kategori lagi seperti jenis-jenis atasan atau bawahan pada fashion wanita dan sebagainya yang lebih spesifik sehingga mudah dalam pencarian, dan untuk OLX kategori didalamnya terdapat berbagai merk dari kendaraan tersebut. begitupun dengan kategori yang lainnya.
Berdasarkan pendapat saya, pada website jual beli online Tokopedia, Shopee, OLX ini terdapat kelebihan dan kekurangan, diantanya :
1. TOKOPEDIA
Kelebihan
- Barang-barang yang disediakan memiliki kategori yang sudah sangat spesifik sehingga tidak sulit dalam pencarian
- Tidak ribet dalam pemesanan barang
- Tersedia spesifikasi pada setiap barang
- Tersedia banyak pilihan pembayaran
Kekurangan
Kelebihan
- Barang-barang yang disediakan memiliki kategori yang sudah sangat spesifik sehingga tidak sulit dalam pencarian
- Bisa pesan makanan lewat aplikasi ini (Shopee Food)
- Tersedia spesifikasi pada setiap barang
- Bisa melakukan pembayaran secara COD (Cash On Delivery)
- Tersedia banyak pilihan pembayaran
- Tidak ribet dalam pemesanan barang
Kekurangan
- WEB/APLIKASI dari Shopee sangat lambat, tidak seperti rivalnya (Tokopedia)
Kelebihan
- Pada tampilan awal sudah disediakan langsung kategori merk kendaraan
- Tidak hanya menjual kendaraan, OLX menjual Properti dan Barang Second lainnya
- Tersedianya Spesifikasi kendaraan tersebut secara detail plus dan minus dari kendaraan tersebut
- Rata-rata terdapat garansi kendaraan
- Bisa dicek terlebih dahulu Unit tersebut secara bertemu pemiliknya
Kekurangan
- Hanya menjual dan membeli Unit kendaraan, Properti, dan barang second lainnya
Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Pada zaman sekarang perkembangan teknologi informasi terjadi sangat pesat dan tidak bisa dihindari. Sejak komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1955, peradaban dunia mengalami perkembangan informasi yang baru dan cepat yang didukung dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi ini juga sangat mempengaruhi dalam dunia bisnis. Pada saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknologi dalam menjalankan bisnis perusahaan tersebut. Penerapan TIK menyebabkan perubahan kebiasaan dalam bidang bisnis salah satunya yaitu E-commerce yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk mereka karena hanya dengan menggunakan media internet produk tersebut bisa terjangkau semua kalangan.
Perkembagan TIK yang sangat dirasakan dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia yaitu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan bisnis dengan rekan bisnis mereka yang berada di negara lain saat ini sangat mudah untuk mengatasi kesulitas tersebut yaitu dengan memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Penggunaan video conference ini banyak digunakan di semua industry global.
Selain mempengaruhi pada pengusaha yang mempunyai perusahaan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya, perkembangan TIK juga sangat berdampak besar terhadap pegawai perusahaan. Pada saat ini pegawai perusahaan tidak perlu memberikan lembaran pekerjaan dalam bentuk kertas namun bisa memanfaatkan fasilitas email gratis untuk mengirimkan hasil laporan kerja.
Perkembangan TIK dalam dunia bisnis dapat membantu urusan bisnis lebih cepat tanpa menggunakan biaya yang begitu besar seperti untuk mengumpulkan para karyawan satu per satu untuk rapat dengan memanfaatkan fitur pada handset ponsel pintar sehingga rapat bisa dilaksanakan dimana saja tanpa harus berkumpul di satu tempat.
Perkembangna bisnis informatika di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi yang ada di Indonesia. Salah satu jenis bisnis informatika yang sedang berkembang pesat di Indonesia yaitu E-Commerce yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna internet di Indonesia yang semakin meningakt merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor modal dalam melakukan bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang besar contohnya untuk memulai usaha E-commerce karena dengan mampu membuat website yang menarik perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran yang dilakukan pemilik e-commerce maka konsumen dan keuntungan penjualan akan menghampiri bisnis tersebut. Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia seperti contoh diatas dan factor yang mendukung maka tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan zaman bisa membuat seluruh bidang bisnis di masa depan lebih maju dengan menggunakan segala sesuatu yang behubungan erat dengan bidang informatika.
sumber:
- http://oziarea.blogspot.com/2016/10/bisnis-informatika-dan-teknologi.html
- http://bubung-beyourself.blogspot.com/2012/10/pengantar-bisnis-informatika.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
- http://fika4194.blogspot.co.id/2014/10/artikel-pengantar-bisnis-informatika.html
- http://faris6593.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika-semester-7-gunadarma.html#ixzz3nOmR3g4T
- https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi
- https://hilariadevita.wordpress.com/2016/10/04/definisi-contoh-dan-perkembangan-bisnis-informatika/
Komentar
Posting Komentar